SIAPA LAKI-LAKI YANG DAYYUTS?

DAYYUS

    Ada tiga golongan yang diharamkan masuk surga, yaitu; pecandu minuman keras, orang yang durhaka kepada kedua orang tua, dan dayyus, yaitu suami yang tidak memiliki rasa cemburu sehingga ia membiarkan isterinya atau anggota keluarganya berbuat maksiat.

    Islam mengajarkan kepada suami agar memiliki rasa cemburu. Cemburu di sini bukanlah cemburu buta. Namun cemburu yang dimaksud adalah suami memiliki rasa cemburu ketika sang isteri atau anak-anaknya melakukan perbuatan maksiat. Suami tidak ridho ketika isteri atau anak-anaknya melakukan perbuatan dosa. Suami berusaha semaksimal mungkin menghilangkan kemungkaran yang terjadi di keluarganya.

     Islam mengajarkan bahwa kecintaan suami terhadap isteri dan anak-anaknya tidak menghalangi untuk memerintahkan yang ma’ruf dan mencegah kepada yang mungkar. Sebab suami memiliki tanggung jawab untuk membimbing dan mengarahkan isteri dan anggota keluarganya.

Alloh Ta’ala berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ… ٦

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka…” (QS. at-Tahrim: 6)

Ibnu Abbas Rodiyallohu ‘anhuma berkata, ““Kerjakanlah ketaatan kepada Alloh dan peliharalah diri kalian dari bermaksiat kepada-Nya. Dan perintahkanlah kepada keluarga kalian agar berdzikir agar Alloh menyelamatkan kalian dari api neraka.”

Qotadah berkata, “Hendaklah engkau memerintahkan mereka untuk taat kepada Alloh dan mencegah mereka dari bermaksiat kepada-Nya. Hendaklah engkau melaksanakan perintah Alloh, serta memerintahkan dan membantu mereka untuk melaksanakan perintah-Nya.” (Tafsir Ibnu Katsir)

     Dayyus termasuk kategori perbuatan mungkar. Tidak hanya itu ia termasuk kategori dosa besar sebab pelaku dayyus itu diharamkan oleh Alloh untuk memasuki surga-Nya. Sungguh pelaku dayyus ia akan memperoleh kerugiaan dan kebinasaan di akhirat, jika ia meninggal dunia namun belum bertaubat kepada Alloh Ta’ala dengan taubat yang sebenar-benarnya.  Bentuk dayyus sangatlah banyak lagi beragam, di antaranya adalah sebagai berikut;

  1. Membiarkan kecantikan tubuh isteri atau anak perempuannya dilihat oleh laki-laki.
  2. Membiarkan aurat isteri atau anak perempuanya terlihat oleh laki-laki.
  3. Menyuruh, mengarahkan, dan berbangga dengan isteri dan anak perempuanya mengenakan pakaian seksi di luar rumah.
  4. Membiarkan isteri dijemput oleh teman kerjanya yang laki-laki untuk di antar ke tempat pekerjaan atau diantar pulang ke rumah. Padahal mereka hanya berdua tanpa ditemani mahram.
  5. Membiarkan isteri disentuh tubuhnya oleh laki-laki tanpa sebab yang diperbolehkan oleh agama Islam. Bahkan suami tidak memiliki perasaan marah sedikitpun.
  6. Membiarkan isteri berduaan dengan laki-laki teman kerjanya, baik pada saat dinas di dalam ataupun di luar kantor.
  7. Membiarkan isteri bercanda dan bersendagurau dengan para lelaki.
  8. Membiarkan anak perempuannya jalan berduan dengan teman laki-lakinya, baik berkendaraan dengan sepeda motor atau mobil.
  9. Membiarkan anak perempuannya berduaan di rumah dengan laki-laki bukan mahramnya.

      Wahai para suami, janganlah kita menjadi pelaku dayyus ini. Wahai para isteri dan anak perempuan, jika kalian benar-benar mencintai dan menyayangi suami dan bapak anda, janganlah kalian memasukkan mereka ke dalam kategori dayyus yang dapat menghalanginya memasuki surga Alloh Ta’ala. Akhinya, marilah kita menjaga diri dan keluarga kita dari api nereka yang menyala-nyala dengan memerintahkan yang ma’ruf dan mencegah kemungkaran di lingkup keluarga kita secara khusus dan masyarakat pada umumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *