MENGAPA KITA HARUS SHOLAT?

MENGAPA KITA HARUS SHOLAT?

Rasulullah shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda:

لَا يَتَوَضَّأُ رَجُلٌ فَيُحْسِنُ وُضُوءَهُ ثُمَّ يُصَلِّي الصَّلَاةَ إِلَّا غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الصَّلَاةِ الَّتِي تَلِيهَا

‘Tidaklah seorang muslim berwudhu lalu ia menyempurnakan wudhunya dan melaksanakan sholat, kecuali Alloh akan mengampuni dosa-dosa yang dilakukannnya antara sholat yang dia kerjakan itu sampai dengan sholat berikutnya.’ (HR. al-Bukhori dan Muslim)

Rasulullah shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَا مِنِ امْرِئٍ مُسْلِمٍ تَحْضُرُهُ صَلاَةٌ مَكْتُوبَةٌ فَيُحْسِنُ وُضُوءَهَا وَخُشُوعَهَا وَرُكُوعَهَا إِلاَّ كَانَتْ كَفَّارَةً لِمَا قَبْلَهَا مِنَ الذُّنُوبِ مَا لَمْ يُؤْتِ كَبِيرَةً وَذَلِكَ الدَّهْرَ كُلَّهُ

‘Tidaklah seorang muslim ketika waktunya sholat wajib, lalu ia membaguskan wudhunya, ia khusyu’ dalam sholatnya, dan menyempurnakan ruku’, melaikankan itu menjadi penghapus dosa-dosa sebelumnya selama tidak dilakukannya dosa besar, dan itu setiap masa semuanya.’ (HR. Muslim)

Jadi, di antara hikmahnya mengapa kita harus sholat, yaitu:

“Kita butuh ampunan Alloh, kita butuh penghapusan dosa yang telah kita lakukan. Padahal Alloh tak butuh sholat kita, Alloh tak butuh makhluknya, TETAPI kita lah yang butuh Alloh, kitalah yang butuh rahmat dan ampunan Alloh ta’ala.”

Jadi, mari kita JAGA SHOLAT HAPUSLAH DOSA DAN MAKSIAT

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *