DELAPAN KEUTAMAAN SHOLAT TARAWIH

DELAPAN KEUTAMAAN SHOLAT TARAWIH

Assalamualaikum, saya ingin tahu apa saja keutamaan shalat malam atau shalat tarawih di bulan ramadhan. Syukron

Jawaban:

Berikut ini beberapa keutamaan sholat malam dan shalat tarawih di bulan Romadhon;

  1. Sholat malam sebab datangnya ampunan.

Sholat malam pada bulan Romadhon adalah bagian dari keimanan dan menjadi sebab datangnya ampunan Alloh   atas dosa-dosa yang terdahulu. Rosululloh   bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan shalat malam pada bulan Romadhon karena iman dan mencari pahala Alloh, niscaya akan diampunilah dosa-dosanya yang telah berlalu.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

  1. Berhak menyandang nama shiddiqin dan syuhada.

Orang yang melakukan sholat malam pada bulan Romadhon berhak menyandang nama shiddiqin yaitu orang-orang yang jujur dan berlaku benar dan syuhada’ yaitu orang-orang yang ditetapkan sebagai syahid.

Seorang laki-laki datang kepada Nabi  lantas bertanya, “Wahai Rosululloh, bagaimana menurut engkau jika aku bersaksi bahwa tidak ada Dzat yang berhak diibadahi selain Alloh dan sesungguhnya engkau adalah utusan Alloh. Kemudian saya mengerjakan sholat lima waktu, menunaikan zakat, berpuasa Romadhon dan mengerjakan shalat malam pada bulan Romadhon, termasuk golongan siapakah saya?” Rosululloh  bersabda, “Termasuk golongan shiddiqin dan syuhada’.” (HR. Ibnu Hibban)

  1. Sholat malam bersama imam dicatat sebagai sholat semalam suntuk.

Siapa yang mengerjakan sholat malam pada bulan Romadhon bersama imam-nya, akan dicatat untuknya sholat sema-lam suntuk. Disebutkan dalam hadits Abu Dzar  bahwa Nabi  bersabda: “Jika seseorang mengerjakan sholat bersama imam hingga ia selesai atau bubar, maka terhitung baginya sebagai shalat satu malam.” (HR. Ahmad)

  1. Mendapatkan karunia dan keberkahan yang melimpah dari Alloh .

Rosululloh   bersabda:“Siapa yang mengerjakan sholat malam dengan membaca sepuluh ayat, ia tidak dicatat sebagai orang-orang yang lalai. Adapun siapa yang mengerjakan sholat malam dengan membaca seratus ayat, maka ia ditetap-kan termasuk golongan qanitin yaitu orang-orang yang taat. Dan siapa yang mengerjakan sholat malam dengan membaca seribu ayat, maka ia ditetapkan termasuk golongan muqantharin yaitu orang-orang yang mendapatkan karunia dan keberkahan melimpah.” (HR. Abu Dawud)

  1. Sholat malam identitas kemuliaan seorang Mukmin.

Rosululloh  bersabda: “Kemuliaan o-rang beriman adalah sholat malam.” (HR. al-Hakim)

  1. Meniti kafilah orang-orang sholih.

Rosululloh  bersabda: “Hendaklah kalian mengerjakan sholat malam, karena sholat malam adalah tradisi atau kebiasaan orang-orang yang shalih sebelum kalian.” (HR. at-Tirmidzi)

  1. Sholat malam adalah pendekatan seorang hamba kepada Robbnya.

Rosululloh  bersabda: “Hendaknya kalian mengerjakan sholat malam, karena sesungguhnya sholat malam adalah tradisi orang-orang shalih sebelum kalian, ia adalah pendekatan diri kepada Robb kalian, dan menghapus kesalahan-kesalahan serta dapat menghindarkan dosa.” (HR. at-Tirmidzi)

  1. Perlindungan dari dosa.

al-Hasan  berkata, “Barangsiapa yang melalui malamnya dengan kebaikan, maka ia akan dijamin dengan perlindungan pada siang harinya. Dan siapa yang melalui siangnya dengan kebaikan, maka ia dijamin dengan perlindungan pada malam harinya.”

Demikianlah beberapa keutamaan sholat Tarawih. Semoga Alloh  memberi kekuatan untuk istiqomah kepada kita dalam mengerjakan perintah-perintah-Nya, dan menjauhi segala yang dilarang-Nya. Wallahu Ta’ala A’lam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *