AGAR TARAWIH TIDAK NGANTUK

AGAR TARAWIH TIDAK NGANTUK

Dari AMANAH. bagaimana cara menghilangkan rasa kantuk ketika solat terawih.Terimakasih

Jawaban: Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seseorang supaya tidak merasa mengantuk ketika sholat tarawih;

Pertama, Tidur siang yang cukup

Mayoritas ulama menghukumi qoilulah atau tidur siang sebagai amalan sunah atas dasar hadits yang artinya, “Ber-qoilulah–lah kalian. Karena setan itu tidak ber-qoilulah,” (HR. Thabrani).
Ishaq bin Abdillah bin Abi Farwah mengatakan, “Qoilulah merupakan amalan pencinta kebaikan. Di dalamnya terkumpul banyak faidah sekaligus faktor penguat untuk shalat malam.”

Kedua, Atur porsi makan dan minum ketika berbuka
Porsi makan yang tidak terkontrol saat berbuka menyebabkan perut kita bekerja terlalu payah. Dampak dari hal tersebut tubuh kita lelah, otak sulit berkonsentrasi dan mata mengantuk. Akhirnya shalat tarawih sambil ngantuk.
Wahb bin Munabbih mengatakan, “Tidak ada manusia yang lebih dicintai oleh setan selain orang yang gemar makan dan tidur. Sufyan ats-Tsauri berkata, “Hendaknya kalian menyedikitkan makan maka kalian akan mudah shalat malam.”

Ketiga, Apabila saat pelaksanaan shalat taraweh telah berlangsung dan dirasa mulai muncul rasa ngantuk, alangkah baiknya membasahi muka anda atau berwudhu kembali. Bisa juga mencari posisi atau tempat baru untuk melaksanakan shalat berikutnya. Semoga kiat ini bermanfaat untuk anda. Wallahu a`lam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *